Tindak Lanjut Deregulasi Dalam Kebijakan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution beserta Menteri terkait mengadakan konferensi pers, Jumat (11/9) tentang Pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi I yang diumumkan pada Rabu (9 September 2015) lalu.

Hadir dalam konferensi pers ini antara lain: Sudirman Said Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Hanif Dhakiri Menteri Ketenagakerjaan, Thomas Lembong Menteri Perdagangan, Ignasius Jonan Menteri Perhubungan, dan Teten Masduki Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan tentang Rekapitulasi Deregulasi berdasarkan Kementerian/Lembaga, “Pemerintah telah menyortir sehingga menjadi 17 Peraturan Pemerintah, 11 Peraturan Presiden, 2 Instruksi Presiden, 96 Peraturan Menteri dan 8 peraturan lainnya, sehingga total 134 peraturan”, ujarnya.

Berikut Rekapitulasi Deregulasi berdasarkan K/L tersebut, antara lain

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (2 Inpres),

Kementerian Perindustrian (1 PP, 14 Peraturan Menteri),Kementerian Perdagangan (30 Peraturan Menteri, 2  bukan dalam bentuk Peraturan Menteri),

Kementerian Keuangan (4 PP, 6 Peraturan Menteri),

Kementerian Pertanian (1 PP, 1 Perpres, 5 Peraturan Menteri),

Kementerian ESDM (2 PP, 7 Perpres, 1 Peraturan Menteri, 1 Peraturan di bawah menteri),

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (6 Perpres, 3 Peraturan Menteri, 1 Perpres),

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2 Peraturan Menteri),

Kementerian Ketenagakerjaan (2 PP, 1 Peraturan di bawah menteri),

Kementerian Perhubungan (5 Peraturan Menteri),

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (1 PP),

Kementerian Kesehatan (1 Peraturan Menteri),

Kementerian Pariwisata (2 Perpres),

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (29 Peraturan Menteri),

Badan Koordinasi Penanaman Modal (2 Peraturan),

Badan Pengawas Obat dan Makanan (2 Peraturan)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan bahwa kebijakan ini menyangkut perluasan dan pembukaan peluang investasi. Baik yang sifatnya lebih ke pengembangan sektor terutama industri, juga ke perdagangan dan logistik. Ada pula ke arah pengadaan bahan baku terutama sektor pertanian, kelautan dan perikanan, hasil hutan dan barang tambang. Kemudian ada pengurangan pemeriksaan fisik bahan baku impor dan produk ekspor, ada untuk mengurangi hambatan distribusi antar pulau. Selain itu, ada pula kebijakan memperlancar distribusi melalui pembangunan pusat logistik dan seterusnya.

Salah satu dari peraturan yang sifatnya menonjol adalah penetapan satu identitas impor dengan menggunakan sistem online. Sistem ini akan menghemat waktu pengerjaan dari yang awalnya berminggu-minggu, dapat diselesaikan dalam beberapa menit. “Hasil dari berbagai peraturan itu terdapat beberapa yang menonjol seperti penetapan satu identitas impor melalui online. Hal tersebut bisa menghemat pekerjaan dari yang tadinya berminggu-minggu, bisa selesai dalam hanya beberapa menit”, ungkapnya.

Pemerintah akan mengawal pelaksanaan kebijakan ini. Saat ini telah ada beberapa draft yang masuk ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk proses administrasi dan meminta supaya ada percepatan untuk sinkronisasi. Seperti yang diutarakan Darmin Nasution “Kita akan mengawal dan memang sekarang ini telah ada yang masuk Kemenkumham untuk proses administrasi. Kita sedang meminta supaya ada percepatan untuk sinkronisasi”.

Sedangkan mengenai pelaksanaan akan dimulai dari minggu ketiga bulan September 2015. Termasuk proses monitoring pelaksanaan, manfaat dari peraturan, serta percepatan pembangunan 14 kawasan industri sesuai dengan amanat APBN.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga menegaskan bahwa setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah telah dipertimbangkan melalui proses kajian dengan sungguh-sungguh. Serta telah disiapkan beberapa hal yang perlu dijelaskan lebih lanjut untuk lebih menunjukkan seperti apa pelaksanaan kebijakan tersebut akan dijalankan.

 

http://www.pu.go.id/berita/10533/Tindak-Lanjut-Deregulasi-Dalam-Kebijakan-Ekonomi-Nasional

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful